Chandra Ekajaya Wonosobo Bisa Maju

Chandra Ekajaya Motifasi Pengusaha Di Wonosobo

Indonesia mempunyai kabupaten dan kota berjumlah 500an, ada banyak kabupaten dan kota yang mempunyai potensi untuk dieksplor lebih jauh. Salah satu kabupaten yang mempunyai banyak potensi adalah kabupaten Wonosobo ujar Chandra Ekajaya. Secara geografis, kabupaten ini berada di wilayah dataran tinggi, sehingga mempunyai hawa dingin. Oleh sebab itu produk yang dihasilkan oleh kabupaten ini berupa hasil pertanian dan perkebunan. Tetapi bukan hanya produk pertanian saja, industri pariwisata dan kerajinan tangan mulai terbuka. Sehingga saat ini mulai muncul wirausahawan dan pengusaha muda yang berasal dari putra daerah. Banyak potensi lokal yang diangkat sebagai komoditas utama kabupaten tersebut.

Pemuda merupakan subyek utama perubahan ini. Banyak dari mereka yang menjadi wirausahawan dan pengusaha mempunyai ide dan gagasan yang kreatif tukas Chandra Ekajaya. Sehingga geliat dan gairah industri menjadi semakin lentur. Pemerintah kabupaten pun berjanji akan memfasilitasi masyarakat yang ingin terjun ke dunia kewirausahaan dengan pembekalan, pelatihan, dan pembinaan, supaya mempunyai keterampilan dan keahlian.

Chandra Ekajaya Majukan Wonosobo

Pemerintah kabupaten juga menggaet beberapa pengusaha untuk menjadi pembicara dan motivator supaya para pengusaha muda dan wairausahawan muda semakin semangat. Diantaranya adalah pengusaha Chandra Ekajaya, Hary Tanoesoedibjo, Dahlan Iskan. Mereka memberikan motivasi sekaligus memberikan rancangan sekaligus pengalaman-pengalaman mereka saat meniti karir dan mendirikan usaha. Mulai dari berjuang dengan kondisi dan suasana yang seadanya, hingga kemudian dapat mencapai kesuksesan.

Chandra Ekajaya memberikan contoh kepada para pemuda, misalnya di daerah pegunungan seperti kabupaten Wonosobo, maka warung ataupun cafe yang menjual minuman dan makanan yang hangat pasti akan laku keras. Bisa juga mengambil produk dari tradisi, misalnya jamu dan makanan seperti tape, baik dari beras maupun ketela, dimana semua produk tersebut dapat membuat badan hangat. Pengusaha yang berasal dari Malang, Jawa Timur ini memberikan gambaran bahwa bila masyarakat ingin berburu harta, maka harus tahu dimana harta tersebut berada. Dalam artian, bila mereka ingin berdagang atau menjual produk dan jasa, maka mereka harus mengerti dimana pasarnya, kondisi pasarnya, dan pangsa pasarnya. Sehingga akan lebih jelas bagaimana produksi nantinya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s