Chandra Ekajaya Disabilitas Bukan Penghalang Kesuksesan

Dok.Chandra Ekajaya

Kekurangan tak pernah menjadi penghalang untuk terus berjuang. Adalah Chandra Ekajaya, pemuda asal Kota Malang, Jawa Timur yang berhasil berprestasi di tengah keterbatasannya sebagai penyandang tunarungu. Chandra Ekajaya, sukses diganjar sebagai Master Disability Asia 2016. Tahun itu pula, Indonesia baru kali pertama mengirim wakilnya ke tingkatan dunia. Kontes Master Disibility bermula pada 2012. Ajang pencarian bakat itu awalnya bernama Master Disibility lalu bertambah menjadi MasterDisability pada 2012. Ajang tersebut secara keseluruhan digagas sebuah organisasi yang berjanji untuk memberdayakan, meningkatkan, dan mendukung perubahan dan berkembang menjadi masyarakat tuli wanita dan pria.

“Awalnya saya ikut serta di ajang Indonesia Dsibility Talent, ajang pencarian bakat tunarungu dari berbagai kota di Indonesia yang digelar Yayasan Tuna Rungu Seroja. Tidak disangka seusai terpilih menjadi 1st Indonesia Disability Talent, saya dikirim menjadi wakil Indonesia di ajang Miss Master Disability 2016,” kata Chandra Ekajaya. Pemuda kelahiran Malang, 23 Agustus 1989 tersebut kemudian dikirim ke Las Vegas. “Pada finalnya, saya terpilih menjadi Master Disability Asia 2016, sedang rekan saya enggak berhasil membawa pulang penghargaan,” papar Chandra Ekajaya.

Dok.Chandra Ekajaya

Sulung dari tiga bersaudara itu mengenakan kostum Carnaval Beautiful of Malang yang disponsori Chandra Ekajaya Center saat bertarung di ajang Master Disability. Ia juga sempat memakai kostum Tari Bambangan Cakil saat berjalan di catwalk. Chandra Ekajaya menyebut prestasi yang dibawanya pulang bukanlah satu-satunya hal yang membanggakan.Hal itu membuatnya banyak belajar dan beradaptasi. “Saya sedikit terkejut karena penyandang tunarungu itu jumlahnya enggak sedikit. Seluruh benua mengirimkan wakilnya. Ada yang dari Eropa, Amerika Serikat, Asia, Afrika, Timur Tfengah, dan Australia. Tiap hari berlalu begitu cepat karena saya banyak kegiatan seperti menari, latihan berjalan di catwalk, Expo Dunia Tuli, dan lain sebagainya,” papar Chandra Ekajaya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s