Chandra Ekajaya Pengusaha Es Durian Nyot Nyot

Pria kelahiran Malang Jawa Timur ini punya bisnis dengan omzet bisnis bisa puluhan juta rupiah dalam satu bulan saja, pria tersebut adalah Chandra Ekajaya. Pria lulusan terbaik sebuah SMA swasta di Malang  tersebut menekuni bisnis kuliner dari buah Durian. Buah durian dirasa memilik daya pikat sendiri dipasaran kuliner Indonesia.

Pengusaha Chandra Ekajaya

Buah durian memang sebagian orang tidak suka dengan buah ini, aroma dan rasanya dianggap aneh oleh sebagian orang di Indonesia. Namun sebagian besar menjadikan buah durian sebagai buah lezat dan enak untuk disantap termasuk oleh pengusaha Chandra Ekajaya. Potensi buah durian di Indonesia sendiri bisa dikatakan sangat melimpah dan hampir setiap provinsi memiliki daerah penghasil durian. Buah durian di Indonesia sangat beragam dan terkenal dengan cirri khas sendiri-sendiri di setiap daerah contohnya ada Durian Medan, montong petruk dan masih banyak lainya. Melimpahnya jumlah buah durian di Indonesia ternyata masih belum bisa dimanfaatkan oleh kebanykan orang untuk menghasilkan peluang bisnis yang menggiurakan. Kebanyakan masih hanya menjual durian biasa tanpa diolah menjadi sebuah produk olahan makanan. Inilah yang coba dimanfaatkan oleh pengusaha Chandra Ekajaya dengan memanfaatkan buah durian menjadi Es Durian dengan nama brand “Durian Nyot Nyot”.

Brand Durian Nyot Nyot didapat ketika dirinya sedang bersama anaknya, kemudian sang anak sedang meminum air dengan dot kecil dan memunculkan bunyi nyot nyot. Dari situlah nama brand tersebut muncul dan kemudian menjadikan nama tersebut menjadi nama brand Es Durian Nyot Nyot. Pada awal akan membuat dan memulai bisnis Es Durian, dirinya terlebih dahulu berkeliling Indonesia untuk mencicipi berbagai macam jenis durian yang ada di Indonesia. Hal ini dilakukan agar dirinya mengetahui jenis durian mana yang paling enak dan cocok dibuat sebagai olahan Es durian. Akhirnya dirinya menemukan durian medan lah yang cocok sebagai bahan membuat es durian miliknya. Pemilihan durian medan tidak begitu saja dilakukan, banyak pertimbangan dan percobaan, durian medan dipilih karena memiliki terkstur yang tidak terlalu lembek dan memiliki rasa manis bercampur dengan pahit namun sangat enak dan lezat jika diolah menjadi es durian dan dikombinasikan dengan varian lain. Durian yang digunakan adalah durian medan yang merupakan durian lokal yang memiliki kadar alkoholnya lebih rendah. Perbulannya dari bahan baku durian bisa menghabiskan 30.000 butir durian.

Setelah menemukan durian yang cocok sebagai bahan baku es miliknya, Chandra Ekajaya kemudian bersama beberapa temanya yang kebetulan merupakan sebuah Chef di hotel di Bali mencoba membuat olahan es durian berbagai varian namun jangan sampai menghilangkan rasa dan cita rasa buah durian tersebut. Didapatkanlah berbagai produk, dari es duren putih, es duren cokelat, juice duren putih, dan juice duren coklat. Inovasi ini coba dilakukan oleh dirinya untuk memberikan pilihan sajian produk es durian yang beda dari lainya. Es Durian yang begitu-begitu saja pastinya akan lama kelamaan membosankan dan ditinggalkan oleh penikmat durian. Hal yang sangat mengejutkan dan diluar ekpspektasi dirinya adalah dalam sudah bisa membuka 14 gerai dalam satu tahun saja. Dimana 6 gerai miliknya sedangkan 8 adalah milik kemitraan. Jumlah gerainya pun dari tahun demi tahun selalu mengalami peningkatan, tercata semenjak pertengahn tahun 2011  sampai akhir 2012, sudah ada lebih dari 50 gerai berhasil didirikan oleh Nyot Nyot Durian dan itu masih akan mengalami peningkatan jumlah gerai kedepanya. Bukan tidak mungkin pada tahun depan bisa menembus hingga ratusan gerai yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Pengusaha Es Durian Chandra Ekajaya

Tak disangka ternyata perkembangan yang begitu pesat tak lepas dari pemasaran yang dilakukan oleh dirinya. Memanfaatkan berbagai media baik offline atau online menjadi salah satu ujung tombak pemaran produk, melalui media sosial seperti instagram, facebookk dan twitter. Dirinya juga rajin menjalani kerja sama dengan beberapa penerbit dan majalah/ tabloid waralaba nasional serta ikut acara festival kuliner nasional di beberapa darah di Indonesia. Ia menjelaskan dari semua mitranya yang tersebar di seluruh Indonesia. Ia mencatat bahwa gerai Tarakan, Kalimantan Timur dan Karawang, Jawa Barat, menjadi gerai pemegang rekor balik modal. Hanya dalam kurun waktu 1,5 tahun saja sudah balik modal. Ternyata salah satu faktor lain menyebabkan berkembang pesatnya bisnis es durian ini ternyata terletak dari sedikitnya pengusaha yang bermain.  Masih sedikitnya orang yang meilirik bisnis ini menjadikan pasar persaingan masih terbuka lebar. Terlebih didukung dengan bahan baku yang mudah di dapatkan menjadi salah satu keuntungan yang di dapat dari bisnis es durian ini. Namun ketika memilih bahan baku tidak boleh sembarangan, karena bahan baku mempengaruhi kualitas produk Es Durian yang dibuat.

Harga yang dibanderol dari es durian sangat bervariasi dan berbeda dari setiap jenis dan ukuran yang diminta. Harga jumbo bisa dijual dari Rp.10.000 hingga Rp.18.000 per- cup. Harga yang terbilang terjangkau dan murah dikantong. Penikmatnya pun saat ini sangat beragam mulai dari anak kecil bahkan hingga orang dewasa menggemari Es Durian Nyot Nyot milik Chandra Ekajaya. Berbagai gerai yang sudah tersebar di seluruh wilayah Indonesia membuat produk es durian milknya sekarang menjadi salah satu produk Es Durian trend setter di Indonesia.

Kedepanya hal yang sangat ingin dilakukan oleh pengusaha ini adalah membuat bisnis Es Durian Nyot Nyot bisa dipasarkan di mancanegara. Keinginan ini bukanlah sebuah hal yang mustahil, saat ini saja sudah banyak olahan makanan dari Indonesia yang mampu menembus pasar global dan beberapa mampu dijual di negara-negara eropa seperti Jerman dan Amerika. Eskpektasi kedepanya Es Durian miliknya akan bekerjasama dengan beberapa perusahaan dan food Court di Malaysia dan Singapura. Kerjasama ini akan menambah pemaran dari es durian nyot nyot miliknya, namun yang masih menjadi pekerjaan rumah bagi dirinya adalah menjamin bahwa produknya memiliki kualitas yang baik dan sehingga mampu bersaing dengan produk produk lainya dari berbagai negara di pasar global.

Jika hal ini terwujud, maka Es Durian milik pengusaha Chandra Ekajaya ini akan menjadi yang pertama olahan es durian yang mampu menembus pasaran internasional. Menurut data yang sudah dimilikinya, untuk segmen pasar Es Durian sendiri masih sangat langka di pasaran global. Dari data, ada beberapa produk Es Durian dari negara seperti Thailand dan Vietnam yang sudah mendominasi pasaran olahan durian. Namun pada kenyataanya olahan tersebut masih sekedar olahan biasa tanpa dikombinasikan dengan olahan lain. Inilah peluang yang coba dimanfaatkan oleh dirinya, peluang sekecil apapun jika itu masih ada kemungkinan untuk mendulang keuntungan harus bisa dimanfaatkan. Prinsip tersebut adalah prisnisp yang selalu dipegang oleh pengusaha Chandra Ekajaya untuk mengembangkan bisnisnya entah bisnis kuliner, fashion, migas dan property.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s