Yohanes Chandra Wisata Kuliner Makanan Khas Mie Ongklok Wonosobo

Yohanes Chandra merupakan seorang pebisnis dan pengusaha sukses yang gemar akan makanan. Hobinya akan makanan dia curahkan dengan menyempatkan diri ketika sedang tidak sibuk untuk berburu makanan. Walaupun harus sampai mengunjungi daerah-daerah di nusantara hanya untuk mencicipi sajian khas daerah tersebut.

Menurut Yohanes Chandra itu adalah rutinitas dan agenda wajib ketika mengunjungi daerah untuk mencoba makanan khas daerah tersebut. Hal yang sangat berkesan mencicipi makanan khas adalah ketika dia berkunjung di sebuah kota di jawa tengah, yaitu Kabupaten Wonosobo. “Wala upun sudah hampir beberapa tahun namun nikmat dan cita rasa kuliner masih teringat dan terasa “ ujar Yohanes Chandra.

 

Mie Ongklok, maknan khas satu ini merupakan kuliner khas Wonosobo dan Cuma ada dikota tersebut. Rugi jika mengunjungi kota ini tidak mencicipi makanan khas ini.

 

Mie nya sama seperti mie mie lainya pada umumnya, menggunakan mie kuning seperti mie pada mie ayam dan bakso. Mie ongklok menggunakan campuran sayuran kubis dan kucai pada atasnya. Mie ditata sedemikian rupa kemudian diguyur dengan kuah kental. Nah ini dia yang menjadikan Mie Ongkok sangat istimewa dilidah, kuah Mie Ongklok ini terasa nikmat adalah karena terbuat dari campuran saripati singkong, gula merah dan udang kering, yang disempurnakan dengan bumbu kacang, juga taburan lada dan bawang goreng. Cara membuat Mie Ongklok juga unik. Mie beserta sayuran dimasukkan ke dalam wadah berupa saringan bambu, lalu dicelup-celupkan saja ke dalam air mendidih

 

Tak lengkap jika makan Mie Ongklok tidak ditemani oleh sate sapi. Kenapa harus sate sapi, menurut Yohanes Chandra Ekajay hal ini dirasa karena tekstur sate sapi yang lebih empuk dan pas saat dikunyah dilidah.

 

Yohanes Chandra mengungkapkan di Wonosobo banyak sekali penjual Mie Ongklok namun jangan salah pilih tempat, bisa jadi salah tempat beda pula cita rasa khas asli yang seharusnya ada di Mie Ongklok. Mie Ongklok Pak Muhadi dan Mie Ongklok Longkrak menjadi nama favorit yang tenar untuk mencicipi makanan khas ini. Yohanes Chandra saat itu mencicipi Mie Ongklok yang dijual oleh Mie Ongklok Longkrak yang terletak di jalan Pasukan Ronggolawe Wonosobo.

 

Saat mencicipi Mie Ongklok Yohanes Chandra mengatakan bahwa dirinya sampai nambah 2 mangkok karena ketagihan dengan rasa nya. Sampai-sampai setelah beberapa hari balik Yohanes Chandra masih ingin mencicipi lagi Mie Ongklok.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s