Yohanes Chandra Ekajaya: Harga Cabai Turun

Di penghujung tahun 2016 ini harga cabai merah justru menurun. Berdasar penuturan dari Yohanes Chandra Ekajaya didapatkan informasi bahwa penyebab harga cabai menurun adalah bertambahnya lahan tanam. Dengan bertambahnya lahan tanam pada momen natal dan tahun baru, harga cabai turun hingga 14 ribu rupiah per kilogramnya.

Berdasarkan data statistik pemerintah, diketahui pada bulan Desember 2016 ini lahan tanam cabai merah bertambah 70 persen atau sekitar 2.400 hektar di pulau Jawa. Yohanes Chandra Ekajaya mengatakan bahwa karena adanya penambahan lahan tanam cabai ini maka pasokan cabai merah di penghujung akhir tahun ini melimpah ruah. Sehingga membuat harga jualnya menurun.

yohanes-chandra-ekajaya-harga-cabai-turun

Yohanes Chandra Ekajaya mengatakan bahwa menurut hukum ekonomi, bila pasokan melebihi jumlah permintaan atau melimpah ruah, maka otomatis akan menyebabkan harga jual menurun. Dalam kasus cabai merah, setiap lahan tanam baru dapat menghasilkan 12 ribu ton cabai merah per hektarnya. Ditambah cuaca yang sangat mendukung, sehingga produktivitas tidak terganggu. Maka hasilnya pun melimpah ruah.

yohanes-chandra-ekajaya-cabai

Dengan adanya pasokan cabai merah yang melimpah ruah tersebut, maka otomatis harga jual cabai merah menukik sangat tajam. Bahkan Yohanes Chandra Ekajaya mengatakan bahwa tahun depan (2017) harga cabai merah bisa turun hingga 10 rinu rupiah per kilogramnya. Karena harga dasar dari petani saat pasokan melimpah hanya 8 ribu rupiah, jadi dengan harga 10 ribu rupiah maka petani masih meraup untung 2 ribu rupiah untuk penjualan per kilogramnya.

yohanes-chandra-ekajaya-merah

Produksi cabai merah yang melimpah juga mempunyai sisi positif. Diantaranya dapat menekan pemerintah untuk tidak melakukan impor. Sehingga harga cabai merah yang sudah menurun tidak turun lagi. Yohanes Chandra Ekajaya menjelaskan bahwa dengan pasokan yang melimpah tersebut membuat pulau Jawa tidak kekurangan pasokan cabai merah.

Menurut Yohanes Chandra Ekajaya, jika pemerintah konsisten tidak melakukan impor, maka harga cabai akan kembali normal dan stabil. Sehingga petani dan pedagang serta konsumen dapat tersenyum lega. Karena dari sisi petani dan pedagang mendapat keuntungan, sedangkan dari sisi konsumen, kebutuhannya akan cabai merah terpenuhi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s