Onde Onde Ketawa Yohanes Chandra Ekajaya Sederhana

resep onde onde yohanes chandra ekajaya

resep onde onde J Chandra Ekajaya & J Wijanarko

Salah satu makanan khas tanah betawi yang digemari oleh berbagai kalangan dari anak-anak bahkan sampai orang dewasa sampai sekarang ini adalah onde-onde. Menurut Yohanes Chandra Ekajaya seiring berkembangnya waktu kini onde-onde hadir dengan wajah baru menjadi onde-onde ketawa.

Makanan khas Jakarta ini menurut Yohanes Chandra Ekajaya dilihat dari bentuknya mirip kue goreng ataupun apem bunga namun untuk masalah rasa dan tekstru sangat berbeda jauh. Tanpa panjang lebar disore hari ini berikut ini bahan-bahan yang dibutuhkan beserta langkah-langkahnya dalam membuat onde-onde ketawa.

Bahan-bahan yang perlu disediakan untuk membuat onde-onde ketawa:

  • Biji wijen 200 gram
  • Tepung terigu 500 gram
  • Baking powder 1 sendok teh
  • Gula pasir 300 gram
  • Air matang 200 ml
  • Minyak goreng 3 sendok makan
  • Soda kue 1 sendok teh
  • Teuar ayam 2 butir

resep onde onde yohanes chandra ekajaya

Langkah-langkah dalam membuat onde-onde ketawa:

  1. Rebus air hingga masak, masukkan gula aduk hingga larut merata. Jika sudah masak angkat dan tuangkan kedalam sebuah wadah kurang lebih sebanyak 200 ml kemudian hngga dingin.
  2. Selanjutnya campur tepung trigu, soda kue serta baking powder sambil di aduk merata dan tercampur seluruhnya kemudian saring terlebih dahulu tempatkan kedalam wadah terpisah.
  3. Kocok telur ayam beserta minyak goreng campur sampai merata mengunakan mixer kemduian tuangkan air gula kocok kembali hingga merata.
  4. Setelah minyak dan goreng dan telur serta air gula bercampur merata masukkan tepung terigu sambil di pijit-pijit hingga mengumpal.
  5. Ambil adonan secukupnya menjadi bulatan menyerupai bola kemudian celupkan kedalam air bersih lalu gulingkan diatas wijen ( lakukan hingga adonan habis).
  6. Goreng onde-onde yang sudah dibentuk ddengan minyak yang telah dipanasi sampai berubah warna menjadi kecokelatan dan matang serta mekar seperti orang tertawa.
  7. Setelah onde-ode matang sajikan diatas piring sajian.

Demikian beberapa bahan beserta langkahnya dalam membuat onde-onde ketawa Yohanes Chandra Ekajaya semoga dapat menjadi refrensi pembaca sekalian dalam membuat camilan sebagai teman menikmati kopi ataupun the disore hari.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s