Bisnis Day Pengusaha Chandra Ekajaya

sekolah bisnis J Chandra Ekajaya & J Wijanarko

sekolah bisnis J Chandra Ekajaya & J Wijanarko

Pada 10 Desember 2016, pengusaha Chandra Ekajaya menyelenggarakan sebuah acara edukatif yang diberi nama Bisnis Day. Acara itu diselenggarakan di halaman belakang sebuah sekolah negeri di Wonosobo. Bisnis day merupakan edukasi dan pelatihan bisnis yang ditujukan untuk siswa-siswa sekolah negeri tersebut. Mulai dari kelas 1 hingga kelas 6, para siswa diajak untuk belajar berbisnis dan berwirausaha.

Pengusaha Chandra Ekajaya mengatakan bahwa ini merupakan simulasi yang sangat efektif supaya para siswa mengenal kegiatan berbisnis dan berwirausaha sejak dini. Berdagang adalah hal sederhana yang bisa dijadikan bahan simulasi. Sehingga para siswa tersebut diberikan pelatihan untuk menjual barang-barang dagangannya. Tentu saja pembelinya adalah para orang tua siswa dan para guru.

Berdasar arahan dari seorang pengusaha muda yang sukses, yaitu Chandra Ekajaya, para siswa dibagi menjadi kelompok per kelas. Tiap-tiap kelas akan berjualan barang-barang yang berbeda, sehingga lebih banyak variannya. Barang-barang yang dijual pun adalah barang-barang berkualitas yang bisa langsung dikonsumsi.

J Chandra Ekajaya & J Wijanarko sekolah bisnis

Kelas 1 diberi tugas untuk menjual sayur-sayuran. Kemudian kelas 2 diberikan tugas untuk berjualan buah-buahan. Lalu kelas 3 menjual keduanya, sayur dan buah. Oleh pengusaha Chandra Ekajaya ketiga kelas tersebut masing-masing diberi stan. Untuk ketiga kelas berikutnya, yaitu kelas 4 hingga 6 menjual makanan-makanan yang lebih populer untuk dikonsumsi.

Pengusaha Chandra Ekajaya menjelaskan lebih lanjut bahwa kelas 4 diberi tugas untuk menjual es melon serut dan sop buah. Kemudian kelas 5 menjual pop corn dan salome sehat yang tanpa MSG. Lalu kelas 6 menjual telur asin dan ikan asin. Untuk kelas 4 hingga 6 mereka tidak dibekali stan, jadi mereka harus menjajakan jualan mereka dengan cara berkeliling. Mereka harus menawarkan jajanannya supaya para pembeli tertarik membelinya.

Untuk menarik perhatian para pembeli, pengusaha Chandra Ekajaya menyuruh para siswa untuk memakai kostum yang menarik. Ada yang memakai seragam sekolah, ada yang berbusana chef profesional dengan topi koki dan celemek, lalu ada yang mengenakan kemeja. Ada juga yang mengenakan kostum busana muslim.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s