Yohanes Chandra Pat Pat Gulipat Kupat

yohanes eka chandra makan ketupat

Semuanya bermula dari sebuah makanan yang berbentuk segi empat, yaitu ketupat. Biasanya ketupat banyak ditemukan ketika mendekati hari raya lebaran Idul Fitri dan Idul Adha. Ketupat berasal dari bahan beras yang dibungkus menggunakan daun kelapa muda, yang kemudian ditanak.

Menurut sejarahnya, ketupat diciptakan oleh Sunan Kalijaga, wali yang dimaafkan oleh para leluhur, karena itu ia menggunakan khasanah kebudayaan Jawa dalam penyebaran agama Islam di pulau Jawa. Berdasar filosofi yang sudah banyak ditafsirkan oleh para ahli tafsir, ketupat berasal dari kata kupat. Kupat sendiri mempunyai kepanjangan, yaitu ngaku lepat (mengaku bersalah) dan laku papat (laku empat atau empat tindakan).

yohanes eka chandra makan ketupat

Menurut Sunan Kalijaga, makna ngaku lepat sangat cocok dikenakan untuk ketupat sebagai simbol permohonan maaf, baik dari generasi muda ke tua atau pun generasi tua ke muda. Biasanya dalam menyerahkan simbol ketupat ini, generasi muda melakukan prosesi nyungkem kepada generasi yang lebih tua. Sedangkan laku papat sendiri mempunyai makna empat tindakan yang harus dilakukan ketika hari raya Idul Fitri tiba, yaitu lebaran, luberan, leburan, dan laburan.

Pengusaha Yohanes Chandra Ekajaya ketika ingin menjual ketupat sebagai makanan sehari-hari, ia pun sowan ke makam beliau. Ia ingin agar filosofi ketupat bisa dipraktekkan dan dilaksanakan oleh seluruh orang Indonesia setiap hari, dan bukan hanya saat hari besar atau hari raya saja. Makanya ia ingin membuka sebuah toko yang khusus menjual ketupat.

Setelah launching, ketupat buatan Yohanes Chandra Eka bisa dinikmati setiap hari oleh setiap orang. Ia pun juga menyediakan berbagai sayur mayur untuk melengkapi rasa nikmat saat menyantap ketupat.

Pengusaha Yohanes Chandra Ekajaya mengatakan bahwa olahan sayur mayur yang menggunakan ketupat sangat banyak. Diantaranya adalah kupat tahu, gado-gado, kupat bumbu, lotek, coto makassar, grabag, dan juga sate. Jika se-Indonesia ini dibuatkan daftar menu atau arsip dari hasil olahan ketupat, pasti sangat banyak. Sebab pembuatan ketupat sendiri menggunakan bahan dasar beras yang menjadi makanan primer Indonesia.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s