Sang Juragan: Cimol Dan Cireng Buatan Cak Yohanes Chandra

Di Daerah Istimewa Yogyakarta, terutama di sekitar universitas-universitas besar, di sebuah jalan yang terkenal dengan sebutan Selokan Mataram, banyak pedagang-pedagang cimol dan cireng yang menjajakan jajanannya. Pembeli tidak mengetahui bahwa penyuplai bahan-bahan dagangan tadi, yaitu cimol dan cireng adalah seorang pengusaha asal Jawa Timur yang bermukim di Jawa Tengah, dan hanya sesekali saja ke Yogyakarta, yaitu Cak Yohanes Chandra Eka.

cimol-yohanes-ekajaya-chandra

Cak Yohanes Chandra Ekajaya mempunyai julukan sang juragan di kalangan para pedagang. Sebab ia memang seorang juragan. Ia adalah penyuplai cimol dan cireng semua pedagang. Ia mau dan mampu memberikan bahan-bahan tersebut dengan harga yang terjangkau tetapi kualitasnya tinggi. Tentu saja itu sangat membantu dan menyenangkan para pedagang.

sang-juragan-cimol-dan-cireng-buatan-cak-yohanes-chandra

Sebenarnya orang-orang lebih mengenal sosok Cak Yohanes Chandra Ekajaya pebisnis mie ayam ceker daripada sosok Cak Yohanes Chandra sebagai juragan cimol dan cireng. Entah darimana ia mendapat ide dan gagasan untuk menjadi penyuplai jajanan tersebut.

yohanes-chandra-eka-jaya-cimol

 

Padahal Cak Yohanes Chandra Eka bila diukur secara pendapatan, sudah sangat cukup dengan usaha mie ayamnya. Tetapi ide, gagasan, kreativitas, dan inovasi dalam dirinyalah yang tidak bisa diredam. Ia selalu ingin membuat sesuatu yang berbeda, bahkan mungkin sesuatu yang baru.

yohanes-chandra-ekajaya-cimol

Bagi Cak Yohanes Chandra, menjadi penyuplai bagi pedagang-pedagang kecil dan asongan mempunyai nilai tersendiri. Keberkahan hidup dan rasa ingin membantu para pedagang itulah yang mendorongnya menyediakan bahan-bahan yang murah yang pasti terjangkau, dengan kualitas super.

 

Seminggu sekali Cak Yohanes Chandra Ekajaya singgah di Yogyakarta. Ia bersama sopirnya membawa suplai bagi para pedagang untuk seminggu ke depan. Para pedagang cimol dan cireng itu pun bergabung dalam sebuah paguyuban yang berhubungan langsung dengan Cak Yohanes Chandra, sehingga memudahkannya dalam distribusi bahan ke para pedagang.

 

Paguyuban tersebut dikelola oleh para perwakilan pedagang. Sedangkan job desk Cak Yohanes Chandra Ekajaya hanyalah menyediakan dan menyuplai bahan-bahan sesuai dengan kebutuhan dan permintaan.

 

Keuntungan yang didapatkan oleh Cak Yohanes Chandra Eka memang tidak terlalu banyak. Tetapi rasa bahagia dan ketenteraman hati itulah yang layak dicari.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s